Tips Menurunkan Risiko Kanker Darah Dengan Donor Darah

Ada banyak sekali orang yang beranggapan bahwa manfaat donor darah bukan hanya dirasakan oleh orang yang membutuhkan darah. Padahal, manfaat donor darah juga akan dirasakan oleh pendonornya.

Kesehatan akan lebih baik apabila donor darah dilakukan secara rutin. Donor darah juga bisa menyelamatkan nyawa orang lain yang membutuhkan dan sangat berguna bagi diri sendiri.

Donor darah yang rutin dilakukan setiap 3 bulan sekali dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah, tidak mudah terkena stroke, dan mengurangi gejala serangan jantung. Darah juga akan berganti setiap 3 bulan dengan darah baru.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa anda rasakan hanya dengan melakukan donor darah, salah satunya adalah menurunkan risiko kanker dan membakar kalori.

Menurunkan risiko kanker
Hanya dengan mendonorkan darah anda bisa menurunkan risiko kanker, mengapa? karena dari dahulu kanker memang sudah dikaitkan dengan kadar zat besi yang tinggi dalam tubuh.

Ketika kita mendonorkan darah maka kelebihat zat besi pada tubuh akan dikeluarkan sehingga bisa mengurangi tekanan oksidatif pada tubuh.

Sudah banyak orang yang tahu kalau donor darah bisa mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker lever, usus besar, paru-paru, dan tenggorokan.

Membakar kalori
Hanya dengan 1x mendonorkan darah saja, ada sekitar 650 kalori yang terbakar. Oleh karena itu, donor darah juga bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk mengontrol berat badan.

Meskipun begitu, janganlah melihat aktivitas donor darah sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan.

Untuk bisa melakukan donor darah anda harus mempunyai berat badan yang seimbang, hemoglobin yang sehat, dan tingkat zat besi yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *