Pantangan Makanan Bagi Penderita Kanker Darah

Pengobatan kanker darah bisa dilakukan dengan berbagai jenis metode. Selain pengobatan medis, penderita kanker perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Ada baiknya bagi penderita kanker darah untuk menghindari makanan-makanan di bawah ini karena merupakan pantangan penderita kanker darah.Pantangan Makanan Bagi Penderita Kanker Darah

Makanan-makanan yang termasuk ke dalam pantangan penderita kanker darah di bawah meliputi sayur dan buah-buahan, daging, ikan asin, sea food dan makanan yang diawetkan. Berikut daftar makanan yang harus dihindari :

Sayur-sayuran dan Buah-buahan

  • Kangkung dan Sawi putih karena dapat mengurangi efektivitas kerja dari obat yang diberikan.
  • Tauge karena mengandung zat yang mampu mendorong pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.
  • Cabai karena mampu merangsang aktifitas bawah sadar. Selain itu, cabai juga mampu menurunkan jumlah oksigen yang ada dalam tubuh.
  • Dukuh, durian, nanas dan anggur karena menghasilkan alkohol dan merangsang perkembangan sel kanker.

Selain makanan di atas, beberapa minuman juga bisa menjadi pantangan penderita kanker darah yang harus dihindari. Seperti minuman dingin atau es yang dapat mengganggu kelancaran peredaran darah dan minuman ringan yang bersifat karsinogen.

Daging dan ikan asin

Daging dan ikan asin termasuk ke dalam pantangan penderita kanker darah. Beberapa daging seperti daging sapi, kerbau, kambing dan babi akan meningkatkan pertumbuhan sel yang tidak normal. Sementara beberapa ikan asin diolah dari bahan-bahan yang tidak segar sehingga menjadi alergen, suatu zat yang mengandung reaksi imunitas pada tubuh sehingga penderita akan merasa gatal-gatal, bengkak dan meriang.

Para penderita kanker yang mengonsumsi pantangan penderita kanker darah ini, tubuhnya akan terasa nyeri di beberapa bagian. Permukaan kulit yang luka akan terlihat basah dan kadang-kadang akan mengalami pendarahan.

Sea Food

Beberapa jenis makanan laut seperti udang, kepiting dan cumi-cumi mengandung lemak yang tinggi sehingga mampu memicu perkembangan sel kanker.

Selain beberapa bahan makanan yang telah disebutkan di atas, para penderita kanker juga sebaiknya menghindari makanan yang dibakar karena bagian gosongnya mengandung zat karsinogen. Satu lagi yang harus dihindari yaitu makanan yang diawetkan karena mengandung senyawa kimia tertentu yang nantinya akan berubah menjadi karsinogenaktif.

Itulah beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh para penderita kanker. Dengan menghindari makanan dan minuman tersebut, maka para penderita bisa mencegah perkembangan kanker dalam tubuh. Dengan demikian, proses pengobatan atau terapi bisa berjalan lebih baik dan proses penyembuhan bisa lebih cepat dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *