Lawan Leukimia Dengan Imunoterapi

Apa itu imunoterapi? Imunoterapi merupakan upaya yang bagus untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, untuk mengalahkan sel-sel kanker dengan cara meningkatkan reaksi kekebalan tubuh terhadap sel kanker.

Ada banyak sekali penderita kanker darah atau leukimia stadium akhir yang hanya menunggu waktu kematiannya tiba, hal tersebut karena sulitnya menemukan obat kanker darah atau leukimia yang tepat.

Namun sekarang ada harapan dengan penemuan baru oleh para dokter yang tergabung dalam Fred Hutchinson Cancer Research Centre di Seattle, Amerika Serikat, yang akan membuat para penderia kanker darah stadium akhir mempunyai harapan untuk pulih.

Cameron Turtle ketua dari penelitian tersebut mengatakan bahwa teknik yang mereka lakukan ialah dengan eksperimental imunoterapi.

Ada 29 orang penderita leukimia stadium akhir yang ikut dalam pengujian tahap pertama ini. Dimana dari 29 orang tersebut, 27 diantaranya mengalami progres yang sangat mengejutkan, 93% berhasil.

Cameron Turtle memberikan penjelasan bahwa prinsip dari teknik imunoterapi ini ialah menyerang sel-sel kanker dengan menggunakan sistem kekebalan tubuh penderita. Mereka menggunakan sel-sel T untuk menyerang sel kanker.

Sel T adalah sel kekebalan yang juga bagian dari sel darah putih. Akan tetapi, peran dari sel T yang seharusnya yaitu sebagai imunitas kalah karena sel kanker yang menyerang.

Dalam percobaannya, peneliti menghidupkan kembali sel T dengan cara mengekstrak sel T pasien melalui sampel darah yang kemudian rekayasa genetika sel T dilakukan diluar, Sel T ini mempunyai kandungan molekul reseptor yang disebut chimeric antigen reseptor (CAR).

Seorang peneliti mengatakan bahwa CAR ini penting sekali dan menjadi bagian dari sel T . Selanjutnya peneliti tersebut menggandakan CAR khusus yang menyerang serta meningkatkan sel T, disebutlah CAR T. CAR T akan menyerang serta melacak sel kanker sesudah sel T kembali disuntikkan ke tubuh pasien.

Akan tetapi para peneliti menekankan, terlalu dini untuk mengetahui apa hasil jangka panjang dari teknik imunoterapi ini. Sebab ada beberapa pasien yang kambuh sesudah pengobatan awal.

Ada efek samping ekstrem juga yang dirasakan oleh beberapa penderita. Kebanyakannya mengalami demam tinggi serta tekanan darah rendah. Pada beberapa pasien, kanker akhirnya menjadi resisten terhadap sel CAR T.

Akan tetapi Turtle menyimpulkan bahwa hasil ini adalah titik awal yang bagus. Selanjutnya akan dilakukan percobaan dalam skala besar supaya menemukan teknik sampai berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *