Kanker Darah Pada Anak

Kanker darah atau Leukemia merupakan salah satu jenis kanker yang paling banyak menyerang anak-anak. Kanker darah pada anak lebih banyak ditemui pada anak usia 2 – 6 tahun.

Selain itu, kanker ini juga merupakan jenis kanker yang berbahaya dan sudah banyak memakan korban, baik anak-anak maupun orang dewasa. maka dari itu harus segera melakukan pengobatan terhadap kanker darah tersebut

Oleh karena itu, jika Anda mempunyai anak yang berusia antara 2 – 6 tahun, maka ada baiknya Anda mengetahui beberapa gejala kanker darah pada anak berikut ini.

Gejala kanker darah pada anak

Nyeri tulang

Salah satu gejala kanker darah pada anak yang cukup sering terjadi adalah nyeri pada tulang yang terus memburuk. Hal ini terjadi bukan karena adanya luka atau memar tetapi diakibatkan oleh perkembangan sel darah putih yang tidak terkendali di sumsum tulang anak.

Mudah berdarah

Anak-anak yang terkena kanker darah mudah sekali berdarah. Ini karena rendahnya jumlah trombosit dalam tubuh anak tersebut. Trombosit merupakan fragmen sel yang diproduksi di sumsum tulang. Fragmen sel ini sangat membantu dalam pembekuan darah. Kanker darah pada anak menyebabkan jumlah trombosit mengalami penurunan sehingga pembekuan darah akan terlambat.

Membengkaknya kelenjar getah bening

Sebagai orang tua, Anda perlu waspada terhadap gejala ini karena membengkaknya kelenjar getah bening merupakan salah satu gejala kanker darah pada anak yang sulit dideteksi. Biasanya pembengkakan terlihat di bagian dada, ketiak, pangkal paha dan leher. Agak berbeda dengan pembengkakan yang terjadi karena penyakit lain, pembengkakan karena kanker darah biasanya terjadi selama beberapa hari. Oleh karena itu jika anak mulai mengalami hal ini, maka sebaiknya Anda langsung berkonsultasi dengan dokter anak.

Sering terkena demam dan infeksi

Demam bisa terjadi karena penyakit lain sehingga tidak mudah untuk mengenali kanker darah dengan melihat gejala ini. Namun, umumnya demam yang terjadi karena kanker darah lebih dari 38 derajat celcius dan berlangsung selama beberapa hari. Ditambah lagi, biasanya anak akan sering mengalami infeksi akibat daya tahan tubuh yang terus menurun. Kedua gejala ini merupakan gejala awal kanker darah yang perlu Anda waspadai.

Selain beberapa gejala di atas, anak juga akan sering mengalami mimisan, gusi berdarah dan kesulitan benafas. Dirinya akan kehilangan nafsu makan sehingga berat badan menurun drastis.

Hati dan limpa akan membesar, timbunya rasa sakit di kepala, keringat yang berlebihan di malam hari serta muncul bintik-bintik berwarna merah pada kulitnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *