Gejala Kanker Darah

Tentunya Anda sudah mengetahui betapa bahayanya kanker darah jika dibiarkan atau terlambat ditangani. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui gejala awal dari kanker darah ini sehingga tidak akan sampai merenggut nyawa. Kanker darah sendiri terdiri dari 4 stadium, yaitu kanker darah stadium 1, 2, 3 dan 4. Keempat tahapan kanker ini memiliki gejala yang berbeda-beda.Gejala Kanker Darah

Ada baiknya Anda membaca penjelasan berikut ini untuk mengetahui gejala-gejala kanker darah stadium 1, 2, 3 dan 4.

Gejala Kanker Darah Stadium 1

Di antara semua tahap, yakni kanker darah stadium 1, 2, 3 dan 4, tahap awal merupakan yang paling ringan. Tahap ini ditandai dengan terjadinya pembengkakan pada kelenjar getah bening. Tingkat resikonya termasuk sedang dan tidak terlalu berbahaya karena sel-sel kanker masih belum menyebar dan mempengaruhi organ-organ fisik yang ada di dalam tubuh penderita.

Gejala Kanker Darah Stadium 2

Selain terjadi pembengkakan kelenjar getah bening, memasuki stadium ke-2 juga ditandai dengan pembengkakan pada limpa dan hati atau salah satu diantara kedua organ tersebut. Ada perkembangan yang cukup signifikan pada pertumbuhan limfosit. Tingkat resiko untuk tahap ini masih terbilang sedang.

Gejala Kanker Darah Stadium 3

Secara umum, di tahap 3 ini akan ada dua atau lebih organ yang terpengaruh. Pada stadium 3, kanker menyebar dan mempengaruhi organ-organ lain yang ada dalam tubuh. Para penderita pun akan mengalami anemia.

Gejala Kanker Darah Stadium 4

Di antara semua tahapan, yakni kanker darah stadium 1, 2, 3 dan 4, tahap keempat adalah yang paling berbahaya karena ini merupakan tahap terakhir perkembangan kanker. Tingkat keping darah akan menurun drastis. Jika di tahap 3 kanker menyebar ke organ-organ tubuh selain limpa dan hati, pada tahap ini kanker akan mempengaruhi paru-paru. Di samping itu, anemia juga akan terjadi lebih akut. Tahap ini merupakan tahap yang paling beresiko.

Itulah berbagai gejala dari kanker darah stadium 1, 2, 3 dan 4. Seperti yang telah disebutkan, setiap tahap memiliki gejala-gejala yang berbeda. Mengetahui setiap gejala sedini mungkin akan sangat baik sehingga kanker tidak sampai memasuki stadium 4 di mana tingkat resiko kematian semakin besar dan organ-organ tubuh sudah mengalami kerusakan.

Kanker darah sendiri bisa disembuhkan dengan beberapa metode. Tentu saja setiap stadium mempunyai standar penanganan yang berbeda. Oleh karena itu, semakin cepat kanker darah ditangani akan semakin baik dan peluang penderita sembuh dari penyakit tersebut akan semakin besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *